20 Tempat Wisata di Boyolali Jawa Tengah yang Ngehits dan Asyik

Tempat wisata di Boyolali – Boyolali merupakan Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan kota penghasil susu murni. Tak jarang dari berbagai daerah, banyak  warung dan cafe mempercayakan produk susu asli boyolali ini.

Selain terkenal dengan kota penghasil susu, boyolali juga menjadi salah satu pengasil sayuran yang berkualitas. Khusunya di kawasan Cempago dan Selo.

Boyolali sendiri berbatasan dengan Kabupaten Sragen di Karanganyar,  Sukoharjo, dan Solo di timur. Berbatasan dengan Kabupaten Semarang dan Grobogan di Utara. Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Magelang, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Klaten.



Pesona wisata alam di Boyolali pun tidak kalah dengan yang ada di Yogyakarta maupun Magelang. Kabupaten yang diapit dua gunung Merapi dan Merbabu ini dianugerahi pemandangan alam yang sangat eksotis dan indah.

Salah satu spot favorit para wisatawan pendaki adalah Gunung Merbabu. Jika cuaca mendukung dan menjelang hari liburan banyak sekali pendaki yang melakukan pendakian di gunung merbabu ini.

Bukan hanya Gunung Merbabu saja yang menjadi tempat ngehits dan asyik di Boyolali. Ada banyak sekali wisata-wisata di Boyolali yang perlu anda kunjungi.

Air Terjun Kedung Kayang
foto dari @trisetyo.nugroho

Air terjun Kedung Kayang merupakan salah satu tempat liburan di Boyolali yang paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan.

Objek wisata ini memiliki pemandangan sekitar yang alami dan asri. Ditambah lagi lokasi air terjun ini berada diantara Gunung merbabu dan merapi yang menambah keasrian objek wisata ini.

Air terjun ini kawasannya berada pada dua Kabupaten yakni Kabupaten Magelang dan Boyolali. Sehingga memiliki letak di dua yang berbeda juga.

Lokasi yang pertama air  Terjun Kedung Kayang berada di Desa wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabuaten Magelang. Kedua, alamat air terjun Kedung Kayang ini beraada di Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Air terjun ini berjarak 30 Km dari Kota Boyolali dan Magelang, serta 50km dari Yogyakarta. Harga tiket masuk objek wisata Air Terjun Kedung Kayang ini hanya Rp2.500 per orang.

Untuk menuju ke tempat wisata alam boyolali ini anda harus berjalan sekitar 20 menit untuk sampai wisata ini. Namun tenang saja di kawasan air terjun kedung kayang ini sudah tersedia tempat istirahat dan warung-warung kecil.


Air Terjun Semuncar
foto dari @lya_1604
Objek wisata yang selanjutnya masih berkaitan mengenai Air terjun yang berada di Boyolali. Objek wisata Air terjun Semuncar lokasinya memang agak tersembunyi yakni berada di Desa Candi Sari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali.

Tepatnya di timur lereng Gunung Merbabu. Tempat rekreasi di Boyolali ini hanya berjarak 10 km saja dari Kota Ampel.

Objek wisata alam boyolali ini dikelola langsung oleh warga setempat yakni karang taruna Desa Candi sari. Sehingga biaya masuknya pun murah, hanya Rp.3000 per orang saja anda dapat menikmati kesegaran air semuncar.

Untuk menuju lokasi air terjun semuncar, terdapat dua jalur pilihan. Yang pertama, melintasi perkebunan warga sekitar. Sedangkan jalur kedua melewati sungai Cipendok.

Untuk jalur kedua ini jalannya cukup terjal dan banyak batu-batu besar. Disarankan menggunakan jalur yang pertama saja untuk menuju tempat wisata di ampel boyolali ini.

Pemandian Umbul Pengging
foto dari @ugikyulianti
Pemandian Umbul Pengging ini memiliki air yang sangat jernih dan segar. Siapapun akan tergoda untuk segera menceburkan diri jika sudah sampi di lokasi ini.

Tempat wisata air boyolali ini memiliki dasaran batu-batu yang menambah alami pemandian Umbul Pengging.

Pemandian Umbul Pengging ini berlokasi di kecamatan Banyudono. Lokasi ini dapat ditempuh sekitar 20 menit dari Kota Solo.

Dulunya, kolam ini dijadikan sebagai tempat pemandian keluarga keraton Kasunanan Solo. Sehingga jangan kaget jika bangunan-bangunan disana masih terasa nuansa kratonnya.

Disana akan banyak ditemukan bangunan-bangunan bersejarah yang unik milik kasunanan Surakarta. Di tempat menarik di Boyolali juga terdapat makam seorang pujangga kraton  bernama Ngabehi Yosodipuro.

Pendakian Gunung Merbabu dan Merapi
foto dari @hidayat_dwiaprianto
Merbabu dan merapi merupakan dua gunung yang berdampingan. Di sela-sela dua gunung tersebut terdapat salah satu kecamatan yang masuk dalam kabupaten Boyolali, yakni Selo.

Kecamatan Selo ini merupakan salah satu pos pendakian Gunung merbabu dan merapi. Jika ingin mendaki melalui pos pendakian Selo dibutuhkan waktu 4 jam untuk mencapai puncak Gunung Merapi.

Sedangkan dbutuhkan waktu 8 jam untuk mencapai puncak merbabu. Jika melewati jalur selo, anda akan mendapatkan pesona pemandangan yang sangat indah.

Ditambah lagi, anda akan melewati padang sabana yang luas dan dipenuhi bunga adelweis.  Selain itu, anda juga dapat melihat tempat wisata andong boyolali.

Bukit Gancik
foto dari @backpackerlndonesia
Bukit Gancik berada di Lerang gunung Merbabu. Tepatnya berada di dusun Selo Nduwur, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Wisata bukit gancik ini menyuguhkan panorama hijau deretan gunung dan lembah yang terlihat sangat mempesona.

Hembusan kesjukan angin dan kabut tipis menambah suasana Bukit gancik lebih romantis. Tak sedikit para pengunjung datang berpasangan untuk menikmati keindahan dan mengabadikan moment bersama di tempat wisata bagus di boyolali ini.

Tempat piknik di Boyolali ini dilengkapi gardu pandang dengan bentuk yang unik dan keren. Sehingga tempat ini sangat rekomended untuk para wisatwan yang suka berfoto-foto.

Ketinggian dari bukit Gancik ini berada di 2000 mdpl dan untuk gardu pandangnya memiliki tinggi 10 meter. Untuk tiket masuk di Bukit Ganjik hanya dikenakan biaya Rp.5.000 sudah termasuk parkir motor.

Oemah Bambu Merapi
foto dari @donie.alv
Oemah Bambu Merapi ini terletak di New Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Disini anda dapat menikmati keindahan alam pegunungan yang luar biasa dan istimewa.

Objek wisata ini mengusung konsep alam dengan rumah bambu dan gardu padang sebagi spot utama. Kedua spot ini membuat Oemah Bambu menjadi objek wisata di Boyolali yang unik dan bagus.

Oemah bambu merapi ini juga termasuk salah satu tempat wisata baru di boyolali. Selain unik, Oemah bambu ini sangat instagramable banget dengan pemdangan landscape Gunung Merbabu dan Merapi.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk Objek wisata Oemah Bambu Merapi. Tiket masuk objek wisata murah di Boyolali ini hanya Rp.5000/motor.

New Selo
foto dari @umy.jalan2
Tempat wisata area Boyolali yang satu ini masih seputar menikmati pemandangan dari ketinggian. Obyek ini merupakan wisata yang paling mencolok di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dan Merbabu.

New Selo sendiri berada di kawasan hutan dengan lahan masyarakat yang berada di ketiggian. New selo terkenal dengan lokasi yang dibukan sebagai pos pendakian Gunung Merbabu. Disana anda akan menjumpai Gardu Pandang, warung makan, dan pendopo.

Untuk jalan menuju objek wisata ini sudah bagus karena jalanannya yang beraspal. Namun tetap harus berhati-hati karena di sisi jalan sudah banyak lereng-lereng atau jurang.

Taman Air Tlatar
foto dari @yohanachristin16
Objek wsata yang terkenal lainnya adalah Taman Air Tlatar. Taman Air tlatar ini terletak di Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali, Jawa Tengah. Kira-kira jarak tempuh dari kota Boyolali sekitar 4km.

Taman air Tlatar ini sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga di Boyolali. Objek wisata ini menawarkan banyak wahana tempat bermain anak di Boyolali.

Selain itu, di tempat ini sudah terdapat rumah makan, pemacingan, kios cinderamata, kolam renang, lapangan woodball, dan masih banyak lagi.

Ditambah lagi dengan kolam becek yang bisa untuk bermain air bersama keluarga. Tak heran tempat ini merupakan objek wisata di boyolali diserbu pengunjung.

Candi Sari
foto dari @boyolalikita
Objek wisata candi sari merupakan salah satu lokasi yang menwarkan nilai-nilai sejarah masa lalu. Candi Sari terletak di desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Boyolali.

Candi sari adalah salah satu wisata yang terletak di atas bukit. Menurut sejarah, candi  ini ditemukan pada tahun 1967.

Bukit tempat candi sari ini dipercaya warga sekitar sebabagi sumber mata air. Candi sari juga terletak di beberapa desa yang warganya masih memegang keprcayaan dan menjaga kelestarian bangunan ini.

Desa yang mengelilingi candi ini adalah Candirejo, Candisari, dan Josari.

Candi Lawang
foto dari @adityabayur
Objek wisata di kabupaten boyolali selanjutnya masih menyuguhkan nilai-nilai sejarah yakni Candi Lawang.

Candi Lawang ini merupakan peninggalan hindu pada abad ke 9. Candi Lawang ini terletak di Dusun Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolalo, Jawa Tengah.

Dari jogja untuk menuju objek wisata ini dapat ditempuh sekitar 1,5 jam. Rute terdekat bisa melewati jalur Jogja-Klaten-boyolali.

Disana anda akan disuguhkan dengan pesona keindahan candi yang terpadu dengan hijaunya alam sekitar.

Makam Ki Ageng Kebo Kenanga
foto dari @Lihat.co.id
Objek wisata sejarah yang satu ini masih berkaitan dengan sejarah. Objek wisata ini merupakan Makan Ki Ageng Kebo Kenanga. Lokasi  Objek wisata ini berada di desa Pengging Boyolali.

Ki Ageng Kebo Kenanga merupakan keturunan raja-raja majapahit terdahulu. Makam ini biasanya digunakan sebagai tempat ziarah para wisatawan baik dari Bayolali maupun luar kota.

Waduk Kedung Ombo
foto dari @nuryani119
Objek wisata yang satu ini tidak boleh anda lwatkan ketika berkunjung ke Boyolali. Waduk Kedung ombo terletak di desa Wonoharjo, Kecamatan kemusu, Boyolali.

Kedung ombo ini sebenarnya berada di tiga Kabupaten, yakni Boyolali, Sragen, dan Grobogan.

Waduk Kedung ombo ini berjarak sekitar 50km atau sekitar 2 jam dari Kota Boyolali. Selain sebagai temat wisata, waduk ini digunakan sebagai irigasi bagi persawahan milik warga sekitar.

Waduk Kedung ombo sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memadai. Diantaranya bumi perkemahan, hutan wisata, pemancingan, rumah makan apung dan wisata air.

Waduk Cengklik
foto dari @aandwik
Tidak hanya Waduk Kedung ombo yang menarik dikunjungi di Boyolali. Ada wisata waduk yang lainya yakni bernama Cengklik.

Waduk Cengklik ini berada di Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Boyolali. Berjarak sekitar 20km dari kota Boyolali.

Waduk Cengklik ini memiliki luas 300 hektar ini dulunya di bangun pada jaman belanda. Tujuan dari dibuatnya waduk ini adalah untuk mengairi lahan lahan sawah seluas 1578 ha.

Waduk Cengklik ini merupakan spot yang cocok untuk melihat sunset. Lokasi ini menjadi favorit tempat nongkrong di Boyolali. Khusunya bagi kalangan anak muda pecinta fotografi.

Waduk Bade
foto dari @novembryanhits123
Objek wisata selanjtnya adalah waduk bade. Waduk ini berada di desa Bade, Kecamatan Klego, kabupaten Boyolali.

Sama sperti waduk Cengklik, objek wisata ini menjadi salah satu tempat favorit melihat sunset. Ditambah lagi, pemdangan gunung merapi dan merbabu menambah pesona keindahan waduk ini.

Disana anda dapat menikmati bebrapa fasilitas yang tersedia di waduk ini. Diantaranya rumah makan lesehan, wisata air, pemancingan, dan area lomba burung.

Agrowisata Sapi Perah
foto dari @rooney67
Boyolali terkenal dengan kota penghasil susu murni terbesar di Jawa Tengah. Salah satu agrowisata sapi perah yang dapat di kunjungi adalah di kawasan Cipago.

Wilayah agrowisata sapi perah ini merupakan pengasil susu terbesar di Boyolali. Sehingga tidak sedikit sapi perah yang dipelihara untuk di ambil susu nya.

Objek agrowisata yang satu ini menjadi slah satu tempat favorit wisatwan di Boyolali. Selain bisa melihat proses pemerahan susu sapi. Pengunjung juga bisa menikmati langsung susu murni segar.

Agrowisata Kampung Lele
foto dari @al_muhlis
Ada lagi nih agrowisata di boyolali yang menarik di kujungi, yakni kampug lele. Agrowisata Kampung lele ini berada di desa Tegalrejo, Mangkubumen, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

Objek wisata ini dicanangkan oleh gubernur Jawa Tengah Mardiyanto pada juni 2006. Kemudian dikunjungi oleh Presiden SBY pada februari 2007.

Di Objek Agrowisata ini anda dapat belajr langsung bagaimana budidaya ikan lele dengan baik. Anda juga dapat melihat pengeloalahan ikan lele menjadi masakan atau makanan. Salah satu yang terkenal adalah Abon lele.

Kampoeng Air Kragilan
foto dari @dshe_dr
Kampoeng Air Kragilan merupakan slah satu wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Objek wisata ini berlokasi di Desa Watu Genuk, Kelurahan Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Lokasi kampung air kragilan ini tidak jauh dari kota Boyolali, hanya berjarak 5 km saja.

Wisata kampung air kragilan ini dibuka mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Tempat wisata ini menyuguhkan perpaduan anatar kondisi alam dan rancangan manusia.

Memnfaatkan lahan dari lerenag dan aliran sungai, memberi keistimewaan sediri untuk wisata air ini. Wisata keluarga di Boyolali ini memiliki beberapa fasilitas pendukung yang memadai.

Diantaranya rumah makan, gezebo, mini zoo, serta rumah batu harry potter. Rumah batu ini menjadi tempat favorit hunting foto.

Brown Canyon
image via eksapedia.com
Objek wisata Brown Canyon berada di desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Wisata Brown Canyon ini memiliki pesona keindahan yang unik dan salah satu wisata yang harus dikujungi ketika berada di Boyolali.

Brown Canyon ini sebenarnya merupakan perbukitan biasa. Namun karena penambangan material yang lama bertahun-tahun, akhirnya terbentuk bukit yang keren.

Banyak wisatwan yang menyebut kalau objek wisata ini seperti Green Canyon yang ada di Amerika. Keindahan panorama Brown Canyon menjadi dalah satu tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi.

Dan sangat cocok sebagai tempat hunting di boyolali (berburu foto) favorit. Lokasi Brown Canyon ini juga telah menyediakan tempat istirahat, area parkir dan rumah makan.

Lembah Gunung  Madu
foto dari @eka_prashtiia
Lembah Gunung Madu merupakan salah satu tempat yang berada di utara Boyolali. Objek wisata ini masih bisa bilang baru dan belum banyak di kunjungi oleh wisatawan.

Lembah gunung madu ini terletak di wilayah jalan raya Simo-Klego Boyolali. Objek wisata ini sangat menarik karena menawarkan peosna keindahan lembah dengan udara yang begitu sejuk.

Disana anda dapat melihat pula goa-goa yang dibuat oleh warga sekitar. Dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian.

Di Lembah gunung Madu ini juga terdapat Joglo cafe dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Selain menikmati keindahan panorama lembah madu, anda juga dapat beristirahat dan makan di tempat ini. Lokasi ini juga merupakan tempat berfoto di Boyolali yang recomended.

Soto Seger Mbok Giyem
foto dari @fennywijanarko
Jika sudah lelah berkeliling wisata di Kabupaten boyolali, tidak ada salahnya mencicipi makanan khas daerah ini. Salah satu wisata kuliner boyolali yang terfavorit adalah Soto Mbok Giyem.

Sesuai dengan namanya yang seger, soto mbok giyem memang benar-benar menyegarkan. Yang menjadikan spesial dari soto ini adalah kuahnya yang segar dan gurih.

Warung ini juga menyediakan dua versi yakni soto sapi dan ayam. Namun, favorit pengunjung kebanyakan adalah soto sapi. Ditambah lagi sajian untuk melngekapi soto ini yakni ada sate babat, ampela, kikil, gorengan dan dan lain-lain.

Tentunya Soto Seger Mbok Giyem ini akan melengkapi liburan anda di Boyolali. Apalagi ketika anda wisata malam di Boyolali.

Soto Seger Mbok giyem ini berada di Jalan Pandanaran No. 257, Kecamatan Boyolali, Jawa Tengah. Anda juga bisa menikmati tempat hiburan malam di boyolali dengan menyantap Soto ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Boyolali yang dapat kami sajikan. Tentunya masih banyak lagi wisata-wisata lain yang menarik dikunjungi ketika berada di Kabupaten Boyolali. Semoga dapat menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin mengunjungi Kota Susu ini. Selamat berlibur dan semoga menyenangkan.

Related Posts

Load comments

Comments

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, Komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas, tapi utamakan berkomentar tentang blog ini.